PENGARUH TEKNIK MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN (3M) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MAAT-TAHZIB KEKAIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SAMAH, - (2019) PENGARUH TEKNIK MENIRU, MENGOLAH, DAN MENGEMBANGKAN (3M) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI MAAT-TAHZIB KEKAIT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Teknik Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan (3M) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas XI MA At-tahzib Kekait Tahun Pelajaran 2019/2020”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanapengaruh teknik meniru, mengolah, danmengembangkan(3M) terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI MA At-tahzib Kekait. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan teknik meniru, mengolah, danmengembangkan(3M) terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI MA At-tahzib Kekait. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental designdengan desain penelitian one group pre-tes-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA At-tahzib Kekait. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Simple Random Samplingyaitu pengambilansampelsecara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam anggota populasisehingga sampel yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI A PI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, pelaksanaan tes dilakukan dua kali, yaitu pre-tes dan post-tes yang dilakukan untuk menilai perkembangan siswa dalam proses pembelajaran. Sementara metode analisis data menggunakan uji-t,dimanaseluruh perhitungan uji-t akan dihitung menggunakan program for windows SPSS 17. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan SPSS versi 17 dengan melihat hasil pre-tes dan post-tes diperoleh thitungsebesar 6,096 dan ttabelpada df21 dengan taraf signifikan0,05 adalah 1,721 (thitung> ttabel). Dengan demikian, hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh hasil belajar menggunakan teknik 3M dalam menulis cerpen ditolak. Sementara itu, hipotesis kerja yang menyatakan ada pengaruh hasil belajar menggunakan teknik 3M dalam menulis cerpen diterima. Sehingga dapat dikatakan penggunaan teknik 3M berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI MA At-tahzib Kekait tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan (3M), Keterampilan Menulis, Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:18
Last Modified: 30 Jun 2020 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16016

Actions (login required)

View Item View Item