Mirnawanti, - (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 14 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI YANG SUDAH DISAHKAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanapengaruh model discovery learningdalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimendengan desain pretest-posttest non-equivalentcontrol group design. Sampel penelitian ini adalah 64 siswa kelas VIII yang terdiri dari 32 siswa kelompok eksprimen dan 32 siswa kelompok kontrol yang diperoleh dengan teknik cluster random samplingpada siswa kelas VIII. Kemampuan literasi matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa yang diajar dengan model discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil posttestkemampuan literasi matematikayang diajar dengan model discovery learning adalah sebesar 67,03 dan nilai rata-rata hasil posttest kemampuan literasi matematika yang diajar dengan model pembelajaran langsung adalah sebesar 54,41. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan Uji-t, diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,000 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian,pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan literasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kemampuan literasi matematika, Model discovery learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Solicha Nur Karina, S.IIP |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:57 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 03:57 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16024 |
Actions (login required)
View Item |