Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 26 Ampenan Tahun Ajaran 2019/2020

Made Santi Widyasari, Ni. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 26 Ampenan Tahun Ajaran 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI MADE SANTI WIDYASARI ( E1E016100 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika pada aspek kognitif siswa kelas V SDN 26 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design.. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di SDN 26 Ampenan Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampel jenuh, dimana semua jumlah populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus independent samples t-test. Hasil analisis data menggunakan program SPSS Versi16.0 menunjukkan nilai thitung adalah 6,561 dan ttabel 1,675 dimana nilai thitung≥ttabel atau dengan melihat nilai Sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan df 51 maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika pada aspek kognitif siswa kelas V SDN 26 Ampenan tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari sintak kegiatan pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada pertemuan pertama dan kedua terlaksana dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:58
Last Modified: 02 Jul 2020 03:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16029

Actions (login required)

View Item View Item