RONA, ADELINA SUWANDANI (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SDN GUGUS I KECAMATAN JANAPRIA. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI RONA ADELINA SUWANDANI (E1E016132).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian autentik di SDN Gugus I Kecamatan Janapria. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Narrative Inquiry. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan analisis data Model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru diantaranya; 1) kesulitan guru dalam membuat dan mengembangkan instrument penilaian. 2) kesulitan guru dalam memberikan skor. 3) Kesulitan guru dalam menilai berdasarkan aspek penilaian autentik. 4) kesulitan guru dalam menggunakan teknik penilaian autentik. 5) kesulitan guru dalam melaksanakan penilaian dikelas. 6) kesulitan guru dalam mengolah nilai. Beberapa bentuk kesulitan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: 1) kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan penilaian autentik. 2) ketersediaan waktu. 3) sarana dan prasarana yang kurang memadai 4) materi pelatihan penilaian autentik. 5) jumlah siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru di SDN Gugus I Kecamatan Janapria mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik yang disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Faktor penyebab yang paling berdampak yakni karena kurangnya pemahaman guru tentang penilaian autentik dan ketersediaan waktu yang sangat terbatas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Faktor Kesulitan Guru, Penilaian Autentik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:59 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 03:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16030 |
Actions (login required)
View Item |