PENENTUAN LOKASI BERDASARKAN KUAT SINYAL YANG DITERIMA WIFI MENGGUNAKAN METODE FINGERPRINT DENGAN ALGORITMA LEARNING VECTOR QUANTIZATION

Yusuf, Yahya (2020) PENENTUAN LOKASI BERDASARKAN KUAT SINYAL YANG DITERIMA WIFI MENGGUNAKAN METODE FINGERPRINT DENGAN ALGORITMA LEARNING VECTOR QUANTIZATION. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ta M. yusuf yahya-catatan_Koreksi9v5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya pengetahuan tentang lokasi suatu objek dapat memberi keuntungan dalam banyak hal salah satunya dapat memudahkan dalam pencarian. Beberapa teknologi telah diusulkan dan diimplementasikan untuk digunakan untuk pencarian lokasi suatu objek dalam ruang. Salah satunya menggunakan RSS (Receive Signal Strength) dari WiFi. Penelitian ini menggunakan teknik fingerprint menggunakan algoritma LVQ (Learning Vector Quantization) dan GLVQ (General Learning Vector Quantization). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa langkah: pemrograman node MCU sebagai objek yang di pantau posisinya, penempatan access point, pengukuran RSS di titik yang telah di tentukan, pengaplikasian algoritma LVQ dan GLVQ pada program, pelatihan program, evaluasi dan analisis. Proses pelatihan telah dilakukan dengan menvariaskan beberapa nilai parameter untuk menemukan nilai parameter yang menghasilkan tingkat kebenaran prediksi sektor lokasi terbaik. Hasil percobaan menunjukkan bahwa posisi dapat ditemukan secara akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : fingerprint, Learning Vector Quantization, General Learning Vector Quantization.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:26
Last Modified: 08 Jul 2020 02:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16038

Actions (login required)

View Item View Item