PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

SILVI, MELINDA (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SILVI MELINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sains dan hasilbelajar fisika peserta didikkelas XI di SMA Negeri 6 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experiment(penelitian semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian iniseluruh siswa kelas XIMIPA di SMA Negeri 6 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling,diperoleh kelas XIMIPA 1sebagai kelas eksperimen dan kelas XIMIPA 3 sebagai kelas kontrol.Penelitian ini menerapkan pembelajaran discovery learning pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Keterampilan proses sains diperoleh pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi serta dilengkapi dengan instrumentes sebanyak 5 soal uraian dan 15 soal pilihan ganda dengan lima alternatif jawaban untuk hasil belajar. Keterampilan proses sains peserta didik pada saat pembelajaran, diperoleh bahwa kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat tinggi dan kelas kontrol termasuk dalam kategori tinggi. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji MANOVA untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS 23dengan taraf signifikan 5%.Hasil uji manova menunjukkan bahwa H0 ditolak, karena diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari 0,050. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan proses sainsdan hasil belajar fisika peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model discovery learning, keterampilan proses sains, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:30
Last Modified: 08 Jul 2020 02:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16061

Actions (login required)

View Item View Item