PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI RELASI DANFUNGSI PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

SERLY SURJAN, EKAYANTI (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI RELASI DANFUNGSI PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap kemampuan berpikir kritis materi relasi dan fungsi pada siswakelas VIII MTsN 1 Mataramtahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah true experimental designdengan desain postest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 1 Mataram dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model problem based learningdan kelas kontrol diterapkan model konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik tesdan observasi. Instrumen tes yangdigunakan adalah soal posttestuntuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi relasi dan fungsiserta observasi dilakukan untuk melihat kegiatan pembelajaran di dalam kelas sudah berjalan sesuai dengan RPP dan langkah-langkah model problem based learning. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji tuntuk mengeahui perbedaan rata-rata kemampuan berikir kritis siswa dan uji effect sizeuntuk mengetahui besar pengaruh dari model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan model pembelajaran problem based learningyaitu 69,1 dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu 60,6 dan hasil uji effect size menunjukkan bahwa model problem based learning berpengruh sedang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan persentase keberhasilan yaitu 73%. Berdasarkan hasil uji maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learningberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII MTsN 1 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Relasi dan Fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 08 Jul 2020 02:31
Last Modified: 08 Jul 2020 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16063

Actions (login required)

View Item View Item