MPLEMENTASI SISTEM PENJAMINANMUTU INTERNAL (SPMI) PADA SEKOLAH MODEL DI SMK NEGERI 1 KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA SEKOLAH

BUSRI, HALQI (2020) MPLEMENTASI SISTEM PENJAMINANMUTU INTERNAL (SPMI) PADA SEKOLAH MODEL DI SMK NEGERI 1 KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA SEKOLAH. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS FINAL 16 JUNI 2020 ACC PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi pemetaan mutu, implementasi penyusunan rencana pemenuhan mutu, implementasi pelaksanaanrencana pemenuhan mutu,implementasi evaluasi/audit mutu di SMK Negeri 1 Kopangdan dampaknya terhadap kinerja sekolah. Penelitian yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kopangini menggunakan paradigma interpretif dengan metode kualitatif–deskriptif dengan pendekatan fenomenologis-naturalistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan interview (wawancara), kuisioner (angket), observasi (pengamatan), dan gabungan ketiganya. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi empat teknik yaitu: kredibilitas (credibility), keteralihan (transferabilitas), depenabilitas (dependability), konfirmabilitas(confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan mutu merupakan kegiatan pemetaan terhadap kekuatan dan kelemahan yang terdapat di SMK Negeri1 Kopang berdasarkan rapor mutu yang kemudian dijadikan dasar sebagai fokus program yang dilaksanakan pada kegiatan SPMI. Perencanaan pemenuhan mutu yang meliputi rekomendasi program yang dilaksanakan, termasuk volume kegiatan, kebutuhan biaya dan sumberdaya yang terlibat dalam kegiatan merupakan rencana program kerja yang didasarkan pada hasil pemetaan mutu di SMK Negeri 1 Kopang. Dalam pemenuhan mutu SMK Negeri 1 Kopang telah merencanakan mutu dengan mempersiapkandokumen seperti dokumen mutu, prosedur pelaksanaan, danpengawasan. SMK Negeri 1 Kopang juga telah melaksanakan audit mutu dari semua program yang telah ditetapkan. Pada tahap ini, pelaksanaan dan hasil pemenuhan mutusudah sesuai dengan tujuan yang sudah direncanakan sehingga implementasikan SPMI terlaksana secara efektif dan efisien, sehingga meningkatkan kinerjadan prestasisekolahdibidang akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): mplementasi, sistem penjaminanmutu internal, sekolah model
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:20
Last Modified: 13 Jul 2020 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16077

Actions (login required)

View Item View Item