PELAKSANAAN WALI HAKIM DALAM PERKAWINAN MENURUT UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA LOLOAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA)

HASANA, - (2019) PELAKSANAAN WALI HAKIM DALAM PERKAWINAN MENURUT UNDANG-UNDANG PERKAWINAN DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA LOLOAN KECAMATAN BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HASANA (D1A114093).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan wali hakim dalam perkawinan menurut Undang-Undang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam dan hambatan pelaksanaan wali hakim di desa Loloan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dan emipiris. Dalam pelaksanaan wali hakim harus mengacu kepada Alquran,Hadists dan Undang-undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan serta Kompilasi Hukum Islam maupun peraturan pelaksana lainnya, dan dalam pelaksanaanya menimbulkan beberapa hambatan antara lain wali adho/wali yang enggan menikahkan anaknya sehingga bagi calon pengantin laki-laki harus mengajukan permohonan ke PA tempat calon pengantin perempuan berdomisili, dan wali hakim dalam keadaan sakit atau memiliki urusan yang penting.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pelaksanaan, Wali Hakim
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:19
Last Modified: 13 Jul 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16087

Actions (login required)

View Item View Item