PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODELPREPARING, DOING, CONCLUDDING(PDC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA

ZULKARNAIN, - (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODELPREPARING, DOING, CONCLUDDING(PDC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK SMA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Mag.IPA_ZULKARNAIN_TESIS .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia yang valid, praktis dan efektifmenggunakan model pembelajaran PDCterhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedurdalam penelitian ini mengadaptasi pengembangan perangkatmodel 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Kevalidan perangkat pembelajaran Aiken’s V, kepraktisan menggunakan perbandingan dengan rentang skor 1 sampai 4, sedangkan keefektifan menggunakan analisis N-Gain. Hasil uji kevalidan berdasarkan data hasil validasi ahlidiperolehrata-rata nilai Aiken’s V sebesar 0,74 (Valid).hasil uji kepraktisan berdasarkan respon guru dan peserta didik diperoleh skor secara berturut-turut 3,47 (sangat praktis) dan 3,34(sangat praktis), sedangkan hasil uji keterlaksanaan berdasarkan pengamatan pembelajaran di kelas diperoleh skor 3,69 (sangat praktis) untuk guru dan 3,64 (sangat praktis) untuk peserta didik. Hasil uji kefektifan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep diperoleh skor N-Gain berturut-turut sebesar 0,60 (sedang) dan 0,71(tinggi), sehingga perangkat pembelajaran menggunakan model PDC yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik. Berdasarkan tujuan dan hasilpenelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat pembelajaran model PDC, kemampuan berpikir kritis, penguasaan konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:19
Last Modified: 13 Jul 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item