EFEKTIVITAS PENAMBAHAN BUBUK KULIT PISANG PADA PAKAN BUATAN TERHADAP KECERAHAN WARNA PADA IKAN NEMO(Amphiprionocellaris)

FATURRAHMAN, - (2019) EFEKTIVITAS PENAMBAHAN BUBUK KULIT PISANG PADA PAKAN BUATAN TERHADAP KECERAHAN WARNA PADA IKAN NEMO(Amphiprionocellaris). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Faturrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu komoditas yang memiliki daya tarik tersendiri untuk para penggemarnya. Salah satu permasalahan yang ditemukan pada ikan hias adalah warna.. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan warna yaitu dengan penambahan bahan yang mengandungkarotenoid. Salah satu sumber karotenoidterdapat pada kulit pisang.Limbah kulit pisang jarang sekali dimanfaatkan oleh manusia, kulit pisang mengandung karotenoid sebesar 45 mg/100g berat kering.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan bubuk kulit pisang yang dicampur dalam pakan terhadap keceraahan warna pada ikan nemo. Hewan uji yang digunakan adalaah ikan nemo. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa memberikanpengaruh nyata terhadap kecerahan warna, pertumbuhan berat mutlak, pertumbuhan panjang mutlak, namun tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:19
Last Modified: 13 Jul 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item