PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK MATEMATIKADENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKAPADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK PECAHAN KELAS VII DI SMPN 4 PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN2019/2020

Widia Puji, Hastuti (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK MATEMATIKADENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKAPADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK PECAHAN KELAS VII DI SMPN 4 PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkanproses pengembangan media pembelajaran berbasis komik matematika dengan pendekatan etnomatematika, memaparkantingkat kelayakan dan keefektifan media, danmemaparkanrespon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) dalam tujuh tahap, yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, validasi produk, dan uji keefektifan produk sertauji respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasimedia oleh dosen ahli dan validasi pendidik menunjukkan bahwa aspek materi,aspek bahasa, danaspek media pada media pembelajaran berada pada kategori sangat layak. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah84% dengan persentase respon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media adalah 95,30% dengan kategori sangatbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik matematika dengan pendekatan etnomatematika layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Komik Matematika, Etnomatematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:19
Last Modified: 13 Jul 2020 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16091

Actions (login required)

View Item View Item