AL, QONI’AH (2020) PENGARUH COOPERATIVE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIFTERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKAPESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI QNH.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengujipengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID)berbantuan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep fisikapesertadidik.Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimendengan design untreated control group design with pretest and posttest. Populasiseluruhsiswakelas X SMAN 1Gunungsari yang berjumlah 4 kelas.Teknikpengambilansampelmenggunakanpurposive sampling sehinggadidapatkanduakelasyaitukelas X MIPA 1 sebagaikelaseksperimendankelas X MIPA 2 sebagaikelaskontrol. Jenistes yang digunakanyaitu tes tulis berbentuk soal pilihangandadengan jumlah soal 20 butir. Hasil test akhir penguasaan konsep di kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata berturut-turut 70,17 dan 63,33. Uji hipotesis yang digunakan adalahuji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung sebesar 2,47 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabelsebesar 2,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0ditolak dan Haditerima, dengan kata lain terdapat pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID)berbantuan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep fisikapesertadidikSMAN 1 Gununngsari tahun pelajaran 2019/2020.Hasil uji N-gainmenunjukkan adanyapeningkatan penguasaan konsep fisika baik peningkatan per indikator penguasaan konsep maupun peningkatan di tiap sub materi pada materi gerak lurus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | C-MID, multimedia interaktif,penguasaan konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Solicha Nur Karina, S.IIP |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 02:19 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 02:19 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16098 |
Actions (login required)
View Item |