PENGGUNAAN INSTRUMEN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MATARAM DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL

Suprihatin, Ningsih (2019) PENGGUNAAN INSTRUMEN GRADED RESPONSE MODELS (GRM) UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MATARAM DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi burning.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kemampuan berpikir yaitu kemampuanberpikirkritismatematis. Adapun dalam kegiatan belajar Matematika sendiri, siswa sering dihadapkan pada masalah yang harus dipecahkan, khususnya menyelesaikan soal-soal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melatih siswa untuk berpikirdengan membiasakannya berlatih mengerjakan soal. Hal ini dimaksudkan untukmengembangkan kemampuan berpikirnya. Di SMP Negeri 2 Mataram kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan spasial masih tergolong rendah. dari tes tulis berupa 5 soal esai, siswa paling banyak hanya mampu menjawab 3 dan belum memenuhi indikator berpikir kritis matematis.Karena pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis ini, maka penting pula untuk diketahui. untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dapat dilakukan dengan menggunakan Graded Response Models(GRM). Tingkatan kesulitansoal yang sistematis dan lebih bersifat objektif menyebabkan Model ini cocok digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis matematissiswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu,untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan berpikirkritis Matematissiswakelas VIII di SMP Negeri 2 Mataramditinjau dari kemampuan spasialdengan menggunakan Graded Response Models(GRM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan teknik analisis data berupa (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu, kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mataram menggunakan Graded Response Models (GRM) dengan interval kemampuan -3 sampai 3 berada pada taraf -3 yang mengindikasikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan spasial tergolong rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemampuan Spasial, Graded Response Models (GRM)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:18
Last Modified: 13 Jul 2020 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16103

Actions (login required)

View Item View Item