PENGARUH PENAMBAHAN RUMPUT PADA PEMASANGAN PAVING BLOCK TIPE PERSEGI DAN TIPE CACING TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN

MADE KISKA APRYANTO HARI IRAWAN, I. (2020) PENGARUH PENAMBAHAN RUMPUT PADA PEMASANGAN PAVING BLOCK TIPE PERSEGI DAN TIPE CACING TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I MADE KISKA APRYANTO HARI IRAWAN (F1A015052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan jumlah pertumbuhan penduduk dan berkembangnya perekonomian masyarakat berimbas pada meningkatnya kebutuhan terhadap permukiman. Hal ini menyebabkan terjadinya pengalihan fungsi lahan yang cukup signifikan terutama lahan yang diperuntukan sebagai persawahan dan berakibat pada berkurangnya daerah resapan air hujan. Keadaan ini mengakibatkan meningkatnya limpasan permukaan (runoff) yang dapat memicu terjadinya banjir dan genangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menggunakan paving block persegi ukuran 20 x 20 x 6 cm dan paving block cacing ukuran 20x 10 x 6 cm dengan penambahan rumput gajah mini dan rumput jepang. Pengukuran yang dilakukan meliputi intensitas hujan, volume limpasan, dan koefisien limpasan (C). Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa dengan adanya penambahan rumput baik menggunakan rumput gajah mini maupun rumput jepang pada spasi antar paving block berhasil menghambat laju air limpasan permukaan dan memberikan waktu untuk air meresap kedalam tanah sehingga dapat menurunkan nilai koefisien limpasan permukaan (C). Untuk tutupan lahan dengan tanah nilai koefisien limpasan nya berkisar antara 0,39 – 0,44, koefisien limpasan tertinggi didapatkan dari tutupan lahan paving block persegi dengan nilai koefisien berkisar antara 0,41 – 0,45 sedangkan tutupan lahan paving block cacing berada dibawah nya dengan koefisien limpasan berkisar 0,40 – 0,44, tutupan lahan paving block persegi dengan penambahan rumput gajah mini berkisar antara 0,39 – 0,43 sedangkan dengan penambahan rumput jepang lebih kecil yang berkisar antara 0,38 – 0,42, paving block cacing dengan adanya penambahan rumput gajah mini memiliki nilai keofisien limpasan yang berkisar 0,39 – 0,43, sedangkan untuk penambahan rumput jepang memiliki nilai koefisien yang lebih kecil tentunya dengan nilai koefisien berkisar antara 0,38 – 0,42.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Paving Block, Rumput Gajah Mini, Rumput Jepang, Intensitas Hujan, Volume Limpasan, Koefisien Limpasan (C).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:23
Last Modified: 13 Jul 2020 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item