PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MAS-MAS KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Isnan, Nursalim (2020) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MAS-MAS KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ISNAN NURSALIM PERAN MODAL SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MAS-MAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

pengembangan Desa Wisata Mas-Mas. 2) Mesdeskripsikan peran modal sosial dalam pengembangan Desa Wisata Mas-Mas. 3) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Desa Wisata Mas-Mas. 4) Merumuskan strategi pengembangan Desa Wisata Mas-Mas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda analisis statistik deskriptif, dan Analisis SWOT. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Modal Sosial berpengaruh signifikan terhadap Pengembangan Desa Wisata Mas-Mas sebesar 48,9%. Modal sosial berperan aktif dalam pengembangan Desa Wisata Mas-Mas melalui jaringan yang terdapat berupa relasi dalam organisasi atau komunitas yang ada di desa. Kerjasama yang dilakukan pengelola desa wisata dengan stakeholders juga menghasilkan jaringan. Sehingga menghasilkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti pelatihan, gotong royong serta melakukan promosi. Nilai dan Norma ditunjukan dengan kearifan lokal yang masih terjaga. Hal ini karena adanya awiq-awiq atau aturan bagi wisatawan yang disosialisasikan kepada wisatawan. Setiap wisatawan yang berkunjung menerapan aturan tersebut dan mendapatkan sanksi bagi wisatawan yang melanggar aturan berupa teguran, peringatan hingga tidak diizinkan berkunjung kembali. Sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pengelola desa wisata, wisatawan dan stakeholders. Faktor yang berperan dalam pengembangan Desa Wisata Mas-Mas berupa faktor pendorong dan faktor penghambat. Startegi yang tepat dilakukan oleh Desa Wisata Mas-Mas dalam mengembangan pariwisata untuk saat ini adalah mengoptimalkan potensi yang dimiliki masyarakat serta berinovasi dengan program wisata yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Modal Sosial, Pengembangaan Desa Wisata, Desa Wisata Mas-Mas
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:22
Last Modified: 13 Jul 2020 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16112

Actions (login required)

View Item View Item