PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS II KECAMATAN LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ROSIANA, NURUL QOLBY (2020) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUGUS II KECAMATAN LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI ROSIANA NURUL QOLBY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Problem Solving (emecahan masalah)terhadap kemampuan berpikir kritis IPS pada peserta didik kelas IV SDN gugus II Kecamatan Lembar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design) dengan desain nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus IIKecamatan Lembar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-b SDN 1 Lembar Selatan sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV SDN 2 Lembar Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angketdengan skala Guttman. Data keterlaksanaan metode problem solving dan data kemampuan berpikir kritis diuji normalitas dengan rumus uji chi kuadratkemudian diuji homogenitasnya uji varians. Pengujian tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh t-hitung untuk keterlaksanaan metode problem solving sebesar 0,0838 sedangkan t-tabel sebesar 2,000 pada taraf signifikan 5% pada kemampuan berpikir kritis IPS t-hitung sebesar 0,1398 dan t-tabel sebesar 2,000. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih kecil dari t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Selanjutnya, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis IPS dilakukan uji effect size dengan menggunakan rumus effect size cohen,s d yang dimana hasilnya menunjukkan bahwa pada variabel metode problem solving hasilnya adalah 0,02 tergolong sangat kecil dan pada variabel kemampuan berpikir kritis IPS hasilnya adalah 0,03 tergolong sangat kecil berdasarkan klasifikasi effect size.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode ProblemSolving, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:22
Last Modified: 13 Jul 2020 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item