PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN CERITA BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Inayatul, Fajriah (2020) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN CERITA BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 7 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INAYATUL FAJRIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik cerita berantai terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar gugus 1 Ampenan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe penilitan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN gugus 1 Ampenan dengan tehnik pengambilan sampel yaitu sampel nonprobability.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes unjuk kerja Keterampilan berbicara (post-test). Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas data untuk pretest dan posttest lebih besar dari 0,05 yag menyatakan bahwa data tersebut normal. Hasil uji homogenitas pretest dan posttest sebesar 0,667 dan 0,151 dimana hasil tersebut lebih besar dari 0,05 yang menyatakan Bahwa data tersebut homogeny. Hasil uji-t untuk mengethui perbedaan antara hasil awal dan akhir kelas kontrol dan eksperimen . Hasil hitung mendapatkan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil hitung pretest kedua kelas sebesar 0,08 yang menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil uji hipotesis antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 0,002 < 0,005. Hal ini menunjukakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti Hipotesis dalam penelitian ini ada Pengaruh teknik cerita berantai terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gugus 1 Ampenan tahun peajaran 2019/2020 diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Teknik Cerita Berantai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:20
Last Modified: 13 Jul 2020 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item