PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMAN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

IFTAHURAHMAN, IFTAHURAHMAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMAN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IFTAHURAHMAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kimia materi kesetimbangan kelarutan pada siswa kelas XI IIS SMAN 2 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design (pre-test post-test). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 2 Labuapi. Kelas XI IIS 2 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan tehnik sampling jenuh. .kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan kognitif tipe pilihan ganda dengan lima pilihan. Nilai rata-rata tes awal dan tes akhir kelas eksperimen berturut-turut sebesar 21,30 dan 49,43, kemudian untuk kelas kontrol sebesar 22,2 dan 48,8. Hasil uji hipotesis menggunakan Gain t-test menunjukkan thitung (0,36) < ttabel (1,68) pada taraf signifikan 5% yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia materi kesetimbangan kelarutan pada siswa kelas XI IIS SMAN 2 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar, kesetimbangan kelarutan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:20
Last Modified: 13 Jul 2020 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16153

Actions (login required)

View Item View Item