PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN KREATIVITAS FISIKA PESERTA DIDIKSMAN 1 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AULIA, VEZA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN KREATIVITAS FISIKA PESERTA DIDIKSMAN 1 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GABUNG.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbingberbantuan simulasi PhET terhadap keterampilan proses sains dan kreativitas fisika peserta didik SMAN 1 Tanjung. Jenis penelitian kuasi eksperimenmenggunakan nonequivalent control group.Populasi menggunakan seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Tanjung tahun pelajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data keterampilan proses sains diambil pada saat proses dengan menggunakan lembar kerja peserta didik sedangkan data kreativitas diambil dengan menggunakan tes kreativitas berupa 7 soal uraian. Uji hipotesis menggunakan uji T independen. Hasil uji menunjukkan Ha diterima karena nilai thitung> ttabel, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET berpengaruh terhadap keterampilan proses dan kreativitas fisika peserta didik SMAN 1 Tanjung tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaraninkuiri terbimbing, , keterampilan proses, kreativitas, simulasi PhET
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:19
Last Modified: 13 Jul 2020 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item