PENGGUNAAN SELEDRI (Apium graveolens L.) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI DALAM PEMBUATAN SOSIS DAN EFEKNYA TERHADAP SIFAT FISIK DAN TOTAL BAKTERI SELAMA PENYIMPANAN

DITA, ADEMULANI (2020) PENGGUNAAN SELEDRI (Apium graveolens L.) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI DALAM PEMBUATAN SOSIS DAN EFEKNYA TERHADAP SIFAT FISIK DAN TOTAL BAKTERI SELAMA PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH PRINT SKRIPSI FULL DITA ADEMULANI_removed-digabungkan_removed_rearranged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan seledri terhadap sifat fisik dan total bakteri sosis selama penyimpanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - Oktober 2019 di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram dan di Laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosis dari daging sapi. Variabel yang diamati terdiri dari sifat fisik (pH dan DIA) dan total bakteri (TPC). Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 4 perlakuan penambahan seledri (P0;0%, P1;0,34%, P2;0,68%, P3;1,02%) dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ragam (ANOVA), apabila terdapat perbedaan nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penambahan tepung seledri dengan konsentrasi berbeda menunjukkan adanya perbedaan nyata (P<0,05) terhadap nilai pH dan nilai analisis DIA menunjukkan tidak adanya perbedaan nyata (P>0,05) selama masa simpan 14 hari. Penambahan tepung seledri dengan konsentrasi berbeda menunjukkan perbedaan nyata (P<0,05) terhadap nilai total bakteri selama masa simpan 14 hari. Nilai Cemaran bakteri tertinggi tedapat pada P2 dengan jumlah 6,68±0,73 log cfu/g dan terendah pada P0 dengan jumlah 1,88±1,71 log cfu/g. Nilai total bakteri (TPC) meningkat dibandingkan dengan sosis tanpa penambahan tepung seledri (Apium graveolens L.) dan melebihi batas maksimum total cemaran mikroba sebesar 1 x 105 cfu/g yang dapat disimpulkan bahwa tepung saledri (Apium graveolens L.) pada level 0,34%, 0,68%, dan 1,02% belum efektif sebagai bahan pengawet alami pada sosis daging sapi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Seledri, Sifat fisik (pH dan DIA), Sosis, TPC.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:20
Last Modified: 13 Jul 2020 01:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item View Item