PENGGUNAAN SELEDRI (Apium graveolens Linn.) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI DALAM PEMBUATAN SOSIS DAN EFEKNYA TERHADAP RESIDU NITRAT DAN NITRIT SELAMA PENYIMPANAN

DWI, PUJI ASTUTI (2020) PENGGUNAAN SELEDRI (Apium graveolens Linn.) SEBAGAI BAHAN PENGAWET ALAMI DALAM PEMBUATAN SOSIS DAN EFEKNYA TERHADAP RESIDU NITRAT DAN NITRIT SELAMA PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (DWI PUJI ASTUTI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram dan di Laboratorium Analitik Fakultas MIPA Universitas Mataram yang dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung seledri (Apium graveolens Linn.) sebagai bahan pengawet alami dalam pembuatan sosis dan efeknya terhadap residu atau kadar nitrit dan nitrat selama penyimpanan. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah daging sapi. Variabel yang diamati terdiri dari residu nitrat dan residu nitrit. Penelitian ini dirancang berdasarkan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan penambahan tepung seledri ( P0;0%, P1;0,34%, P2;0,68%, dan P3;1,02%) dan dengan dilakukan pengulangan sebanyak 3 kali. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis keragaman (ANOVA) yang kemudian dilanjutkan dengan uji jarak ganda Duncan apabila terdapat perbedaan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung seledri dengan konsentrasi berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap residu nitrat sosis selama masa simpan 14 hari, tetapi penambahan tepung seledri dengan konsentrasi berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01). Selama penyimpanan residu nitrit cenderung menurun pada setiap perlakuan. Residu nitrit tertinggi pada awal penyimpanan P2 (0,103 ppm) dan terendah pada P3 (0,068 ppm), penyimpanan H7 memiliki residu nitrit tertinggi pada P3 (0,071 ppm) dan terendah pada P1 (0,042 ppm), penyimpanan H14 memiliki residu nitrit tertinggi pada P2 (0,057 ppm) dan terendah pada P3 (0,030 ppm).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Residu Nitrat, Residu Nitrit, Seledri, Sosis.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:19
Last Modified: 13 Jul 2020 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16161

Actions (login required)

View Item View Item