PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI MELALUI WHATSAPP DAN FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI MAN I MATARAM (KE ARAH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA)

Hamdani, Hamdani (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI MELALUI WHATSAPP DAN FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XI MAN I MATARAM (KE ARAH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI REVISI HAMDANI DANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, bentuk, prosedur penggunaan, dan kelayakan media pembelajaran teks eksplanasi melalui whatsapp dan facebook ke arah multimedia dengan harapan penelitian ini bisa memberikan pengaruh dalam pembelajaran khususnya pada materi teks eskplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, mengingat, maka jenis penelitian ini adalah jenis penelitian ex post facto. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri tas tiga langkah analisis data yaitu 1) reduksi data salah satu langkah reduksi data yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan acuan patokan (PAP) yang digunakan untuk menganalisis data menjadi data yang bermakna ; 2) Penyajian data; dan 3) Verifikasi atau interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan Valiadasi ahli pertama dan validasi ahli kedua sebagai ahli materi sekaligus ahli media menghasilkan nilai berbeda dengan rata-rata validasi yaitu 4,8 dan 4,0 dengan menggunakan Pendekatan Acuan Patokan (PAP) yang dikembangkan oleh Widoyoko dalam Anggraeni (2015), nilai 4,8>4,2. Selanjutnya uji coba kelompok kecil yang telah dilakukan menunjukkan skor rata-rata 4,5 yang berkategori sangat layak, sehingga melalui uji coba kelompok kecil dapat diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teks Eksplanasi, Whatsapp, Facebook, Multimedia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:19
Last Modified: 13 Jul 2020 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item View Item