OPTIMALISASI PELAYANAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN SIMULASI MONTE CARLO DI SPBU JALAN MAJAPAHIT PAGESANGAN KOTA MATARAM

ARIA, FAUZI (2020) OPTIMALISASI PELAYANAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN SIMULASI MONTE CARLO DI SPBU JALAN MAJAPAHIT PAGESANGAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui banyaknya petugas dan dispenser yang optimal dalam pelayanan pengisian bahan bakar di SPBU 54.832.03 Jl. Majapahit Pagesangan kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian simulasi dengan menggunakan metode Monte Carlo. Simulasi pada penelitian ini dilakukan berdasarkan pada pembangkitan bilangan acak (random number) yang merupakan karakteristik dari simulasi Monte Carlo. Model simulasi dibuat menggunakan Ms. Excel dengan memanfaatkan program Macros yang terdapat di dalamnya. Model simulasi yang dihasilkan berupa program simulasi antrian di SPBU 54.832.03. Input dari model simulasi ini berupa interval bilangan acak yang diperoleh berdasarkan data kedatangan dan data pelayanan dari setiap dispenser yang diteliti. Jenis dispenser yang diteliti adalah Pertamax (1 dispenser), Premium (1 dispenser), Pertalite Motor (1 dispenser), Pertalite Mobil (1 dispenser), dan Bio Solar (1 dispenser). Adapun hasil simulasi yang diperoleh yaitu data banyaknya kendaraan yang datang, antri, terlayani, sisa antri, dan lepas dari masing-masing dispenser. Berdasarkan hasil penelitian, banyaknya dispenser Pertamax yang optimal diperoleh sebanyak 3 nozzle dengan rata-rata pelayanan sebanyak 7,21 kendaraan dan rata-rata kedatangan sebanyak 4,96 kendaraan. Pada dispenser Premium terlihat kondisi optimal terjadi ketika 2 nozzle dioperasikan dengan rata-rata kedatangan dan pelayanan berturut-turut sebanyak 6,97 dan 7,86. Pada dispenser Pertalite Motor terlihat bahwa penyediaan 3 nozzle merupakan kondisi optimal dengan rata-rata kedatangan dan pelayanan berturut-turut sebesar 8,17 dan 11,85. Selanjutnya pada dispenser Pertalite Mobil, penyediaan 1 nozzle sudah optimal dengan rata-rata kedatangan sebesar 0,66 dan rata-rata pelayanan sebesar 0,65. Begitu juga dengan dispenser Bio Solar, penyediaan 1 nozzle sudah optimal dengan rata-rata kedatangan dan pelayanan berturut-turut sebesar 0,24 dan 0,19. Berdasarkan banyaknya nozzle yang tersedia saat ini, diperoleh banyaknya petugas yang optimal untuk melayani konsumen sebanyak 8 petugas. Karena SPBU 54.832.03 menerapkan aturan 3 shift kerja maka secara keseluruhan banyaknya petugas yang optimal adalah 24 petugas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Pelayanan, Dispenser, Bilangan Acak, Simulasi, dan Simulasi Monte Carlo
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:19
Last Modified: 13 Jul 2020 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16179

Actions (login required)

View Item View Item