PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI MA SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI LOTIM

NURUL, IHSANI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI MA SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI LOTIM. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS NURUL IHSANI. TESIS BURNING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Nurul Ihsani, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Untuk Meningkatan Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik MA/SMA. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Agil Al Idrus, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Jamaluddin, M.Pd. sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis validitas perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah terintegrasi nilai-niai islami. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan pengembangan. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA/SMA. Desain uji coba menggunakan non equivalent control group design. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan tes. Analisis data vaiditas perangkat pembelajaran menggunakan rumus persentase rata-rata yang disesuaikan dengan tabel kriteria hasil validasi. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis masalah terintegrasi niali-nilai islami sangat valid dengan skor rata-rata 85,10%.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran Biologi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Nilai-Nilai Islami, Penguasaan Konsep, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:03
Last Modified: 13 Jul 2020 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16182

Actions (login required)

View Item View Item