NURUL, IHSANI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK DI MA SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI LOTIM. S2 thesis, Universitas Mataram.
Text
TESIS NURUL IHSANI. TESIS BURNING.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Nurul Ihsani, 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Untuk Meningkatan Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Peserta Didik MA/SMA. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Agil Al Idrus, M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Jamaluddin, M.Pd. sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis validitas perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah terintegrasi nilai-niai islami. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan pengembangan. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA/SMA. Desain uji coba menggunakan non equivalent control group design. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan tes. Analisis data vaiditas perangkat pembelajaran menggunakan rumus persentase rata-rata yang disesuaikan dengan tabel kriteria hasil validasi. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran berbasis masalah terintegrasi niali-nilai islami sangat valid dengan skor rata-rata 85,10%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Perangkat Pembelajaran Biologi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Nilai-Nilai Islami, Penguasaan Konsep, Sikap Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 01:03 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 01:03 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16182 |
Actions (login required)
View Item |