KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RANGGA, FARADISHA (2020) KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MATARAM DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap (Rangga).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaiakan soal matematika dapat menjadi indikator rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kategori kesalahan dan hubungan atau korelasi jenis-jenis kesalahan masing-masing langkah Polya dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan tingkat kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis yang berupa soal uraian dan wawancara yang sudah divalidasi. Kategori kesalahan dianalisis menggunakan interval kategori tingkat kesalahan sedangkan untuk hubungan antara jenis-jenis kesalahan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan tingkat kemampuan tinggi memperoleh kategori tingkat kesalahan untuk kategori sedang sebanyak 8 siswa, rendah 6 siswa dan sangat rendah 1 siswa. Untuk siswa dengan kemampuan sedang memperoleh kategori tingkat kesalahan untuk kategori tinggi sebanyak 13 siswa, sedang 6 siswa dan rendah 1 siswa. Untuk tingkat kemampuan rendah memperoleh kategori tingkat kesalahan untuk kategori sangat tinggi sebanyak 2 siswa, tinggi 12 siswa dan sedang 6 siswa. Berdasarkan analisis data, ditemukan tiga kategori hubungan jenis kesalahan yaitu kategori cukup, kuat dan sangat kuat. Tingkat hubungan cukup kuat untuk jenis kesalahan memahami masalah dan menyususn rencana, kesalahan memahami masalah dan melaksanakan rencana, kesalahan memahami masalah dan melakukan pengecekan kembali. Tingkat hubungan kuat untuk jenis kesalahan Menyusun rencana dan melaksanakan rencana, kesalahan menyusun rencana dan melakukan pengecekan kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:18
Last Modified: 13 Jul 2020 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item