PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

RIZKA, SOFIYA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA SOFIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan PhET simulations terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent multiple group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 2 Narmada tahun ajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran guided discovery berbantuan media PhET simulation pada kelas X MIA 1 dan sampel sebagai kelas yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran guided discovery tanpa berbantuan media PhET simulation pada kelas X MIA 2. Data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda menghasilkan nilai rata-rata post-test pada kelas X MIA 1 sebesar 71,40 dan X MIA 2 sebesar 63,33, sedangkan data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dengan menggunakan tes uraian menghasilkan nilai rata-rata post-test pada kelas X MIA 1 sebesar 63,30 dan X MIA 2 sebesar 52,40. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5% berbantuan IBM SPSS 23. Uji hipotesis MANOVA menghasilkan taraf signifikan sebesar 0,00 lebih kecil dibanding 0,05. Berdasarkan ketetapan maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan PhET simulations terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Guided Discovery, PhET Simulations, Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:18
Last Modified: 13 Jul 2020 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item View Item