POLA PENANGANAN AGRESIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN TERAPI BERMAIN (PLAY THERAPY)DI TK SANDHY PUTRA TELKOM SUMBAWATAHUN AJARAN 2019/2020

Sashi, Asyaradita (2019) POLA PENANGANAN AGRESIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN TERAPI BERMAIN (PLAY THERAPY)DI TK SANDHY PUTRA TELKOM SUMBAWATAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gangguan emosi pada anak usia sekolah ditandai dengan anak tampak mudah marah, gampang berteriak, histeris, melempar dan merusak benda, hingga tempertantrummerupakan perilaku agresif yang bersifat menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pola perilaku agresivitas yang ditunjukkan anak usia 5-6 tahun, 2) Penerapan metode bermain (play therapy) dalam penanganan anak berperilaku agresif di TK Sandhy Putra Telkom Sumbawa Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini meliputi 3 (tiga) orang anak yang berusia 5-6 tahun yang memiliki masalah tentang emosi dan berperilaku agresif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisdata yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola perilaku agresivitas yang ditunjukkan anak-anak dalam kegiatan sehari-hari dapat ditangani dengan metode bermain yang disukai dan menarik bagi anak. Metode bermain yang digunakan juga terbukti mampu dalam mengurangi pola agresivitas yang ada dalam diri anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola penanganan agresivitas, terapi bermain
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:15
Last Modified: 13 Jul 2020 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16208

Actions (login required)

View Item View Item