PENGEMBANGAN PERANGKAT LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MODEL BLENDED UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATERI MEKANIKA

NI MADE YENI, SURANTI (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MODEL BLENDED UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATERI MEKANIKA. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ni Made Yeni Suranti_Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perangkat pembelajaran pentinguntuk memfasilitasipenguasaan konsepdan kreativitas. Kreativitas dapat dikembangkanmelalui pembelajaran.Pembinaan kreativitas dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam pembelajaran fisika bagi calon guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkanperangkat LMSdalam model blendedyang valid, praktis dan efektif dapat meningkatkanpenguasaan konsep dan kreativitas mahasiswa pada materi mekanika. Penelitian pengembangan inimenggunakan model 4-Dyang terdiri dari 4 tahapan yaitudefine, design, develop, dandessiminate.Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program StudiPendidikan Fisika pada salah satu universitas diMataram.Pengujian validitas produk menggunakan uji validasi oleh tiga orang validator ahli. Instrumen yang digunakanberupalembar validasi untuk RPS (Rencana Pembelajaran Semester), RTM (RancanganTugas Mahasiswa), SAP (Satuan Acara Perkuliahan), LKM (Lembar Kegiatan Mahasiswa), materi ajar dan instrumen evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berada pada kategori valid dan sangat valid. Pengujian kepraktisan pembelajaran diukur menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon dosen, angket respon mahasiswa dan lembar observasi kreativitas mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan selama pembelajaran memikili tingkat kepraktisan dengan kategori sangat tinggi. Pengujian keefektifan pembelajaran menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 30 butir sebagai instrumen penguasaan konsep dan soal essay(uraian) sebanyak 15 butir untuk mengukur kreativitas. Analisis datamenggunakan uji N-gainuntuk mengetahui peningkatan dari tes awal dan tes akhir. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan perangkat LMS pada pembelajaran terbukti efektif meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas mahasiswa. Dengan demikian, pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat LMS dalam model blendedyang dikembangkan valid, sangat praktis dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat Pembelajaran, Learning Management System, Penguasaan Konsep, Kreativitas, Mekanika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 08 Jul 2020 13:18
Last Modified: 08 Jul 2020 13:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16217

Actions (login required)

View Item View Item