PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM MONITORING TINGGI PASANG SURUT AIR LAUT DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

GOPINDA, GOPINDA (2020) PERANCANGAN PROTOTYPE SISTEM MONITORING TINGGI PASANG SURUT AIR LAUT DAN PERINGATAN DINI TSUNAMI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GOPINDA F1B015019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Internet of things (IoT) merupakan sebuah ide atau gagasan yang memungkinkan benda di dunia nyata dapat saling berinteraksi melalui jaringan internet. Perancangan prototype sistem monitoring tinggi pasang-surut air laut dan peringatan dini Tsunami menerapkan konsep dari IoT dengan memodelkan kondisi pasang-surut dan peringatan dini Tsunami pada suatu pelabuhan dari jarak jauh tanpa perlu ke lokasi. Sensor yang digunakan antara lain sensor Ultrasonik HC-SR04 yang terhubung ke mikrokontroler NodeMCU V3. Data hasil bacaan sensor yang telah diolah selanjutnya dikirimkan ke server Blynk (Blynk cloud) untuk kemudian ditampilkan pada aplikasi Blynk. Micro SD card digunakan sebagai media penyimpan data (data logger). Sistem yang dibuat mampu memonitor tinggi pasang surut dan kecepatan surut beserta kondisinya dengan keakuratan data yang cukup baik, dimana nilai rata-rata persentase error pada pengujian ketinggian air 0,38% dan pada pengujian kecepatan surut, prototype mampu membedakan kecepatan surut terhadap tiga pengondisian keran dimana nilai rata-rata kecepatan surut saat satu keran dibuka 0,15%, saat dua keran dibuka 0,27% dan saat tiga keran dibuka 0,32%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Internet of Things, Monitoring pasang-surut, Tsunami, NodeMCU V3, Blynk
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:01
Last Modified: 13 Jul 2020 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16233

Actions (login required)

View Item View Item