KAJIAN YURIDIS PENDAFTARAN FIDUSIA BERDASARKAN UU NOMOR 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA (STUDI DI PT ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE)

ACHMAD, ZAIFULLAH (2020) KAJIAN YURIDIS PENDAFTARAN FIDUSIA BERDASARKAN UU NOMOR 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA (STUDI DI PT ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pendaftaran secara online yang dihadapi dan bagaimana kedudukan kreditur sebagai penerima fidusia dengan adanya pendaftaran jaminan fidusia di PT Adira Dinamika Multi Finance. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif empiris.Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis.Prosedur pendaftaran jaminan fidusia dimuat dalamUU No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia. Besarnya biaya pendaftaran jaminan fidusia diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.28 Tahun 2009 tentangPerubahanAtasPeraturanPemerintah No. 87 Tahun 2000 tentang Jenis Tarif Atas Penerimaan Negara Bukan Pajak. Kedudukan kreditur sebagai penerima fidusia dengan adanya pendaftaran jaminan fidusia yaitu memberikan kedudukan yang diutamakan (preferen)yakni penerima fidusia berhak untuk mengambil pelunasan piutangnya atas hasil eksekusi benda yang menjadi objek jaminan fidusia mendahului kreditur lainnya. Adanya sertifikat jaminan fidusia akan mempunyai kekuatan eksekutorial yang sama dengan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kendala Pendaftaran, Jaminan Fidusia, Kedudukan Kreditor
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:01
Last Modified: 13 Jul 2020 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16242

Actions (login required)

View Item View Item