PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN NON BANK (STUDI KOMPARATIF DI FIF FINANCE DAN WOM FINANCE)

DIKA, SAPRIYAN (2020) PELAKSANAAN PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN NON BANK (STUDI KOMPARATIF DI FIF FINANCE DAN WOM FINANCE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan persamaan dalam pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen serta persamaan dan perbedaan penyelesaian sengketa wanprestasi di FIF dan WOM. Jenis penelitian adalah penelitian hukum normatif empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian pembiayaan konsumen pada FIF dan WOM memiliki persamaan dan perbedaan. Adapun persamaannya yaitu pada tahap keputusan kredit komite, tahap pengikatan, tahap pemesanan sepeda motor, dan tahap pembayaran kepada supplier. Perbedaannya terletak pada tahap permohonan, tahap pengecekan&pemeriksaan lapangan, dan tahap penagihan atau monitoring pembayaran.Adapun dalam penyelesaian sengketa wanprestasi di FIF dan WOM memiliki persamaan dan perbedaan. Adapun persamaannya yaitu pada tahap pencabutan obyek jaminan dan penyelesaian melalui pengadilan. Perbedaannya adalah pada tahap peringatan melalui komunikasi dan pemberian Surat Peringatan pada bulan 1 oleh di FIF, sedangkan di WOM hanya memberikan Surat Peringatan sebanyak 3 kali dalam 3 bulan. Perbedaan selanjutnya adalah Pemberian SPJB oleh FIF pada bulan ke 2 sedangkan di WOM tidak ada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pembiayaan Konsumen, Non Bank.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2020 01:14
Last Modified: 13 Jul 2020 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16248

Actions (login required)

View Item View Item