PENGARUH KEPADATAN YANG BERBEDATERHADAPKUALITAS AIRIKANKAKAPPUTIH(Latescalcalifer) PADA SISTEMRESIRKULASI DENGANFILTER BIOBALL

TAUFIQURRAHMAN AJIE, PANGESTU (2019) PENGARUH KEPADATAN YANG BERBEDATERHADAPKUALITAS AIRIKANKAKAPPUTIH(Latescalcalifer) PADA SISTEMRESIRKULASI DENGANFILTER BIOBALL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepadatan yang berbeda terhadap kualitas air ikan Kakap Putih pada sistem resirkulasi dengan filter bioball. Penelit ian ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa serta sebagai refrensi tentang padat tebar yang baik pada pemeliharaan Kakap Putih dalam menggunakan filter bioball. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus – 20 september 2019. Bertempat di Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan, yaitu P1 (10 ekor/30 liter), P2 (15 ekor/30 liter), P3 (20 ekor/30 liter), P4 (25 ekor/30 liter) dan P5 (30 ekor/30 liter). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA pada taraf kepercayaan 95% melalui program SPSS dan uji lanjut LSD untuk mengetahui perlakuan terbaik. Parameter yang diamati meliputi kualitas air, laju pertumbuhan mutlak, dan kelangsungan hidup,. Hasil penelitian menunjukkan kepadatan yang berbeda menggunakan sistem resirkulasi pada bioball memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan berat mutlak dan panjang mutlak. Kepadatan terbaik, yaitu 10 ekor/30 liter yang dapat memberikan pertumbuhan optimum terhadap benih ikan kakap Putih (Lates calcarifer). Kepadatan yang berbeda menggunakan sistem resirkulasi pada filter bioball mampu menekan kadar TAN dan mampu mengoptimalkan kualitas air sampai kepadatan 20 hingga hari ke 30 penelitian. Adapun dilakukannya penelitian ini diharapkan agar adanya penelitian lanjutan mengenai kepadatan yang berbeda dengan penambahan filter kimia dan fisika agar kualitas air pada media pemeliharaan lebih optimum dan mampu menekan nilai amonia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): padat penebaran, ikan kakap putih, bioball, kualitas air.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 14 Jul 2020 01:44
Last Modified: 14 Jul 2020 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16261

Actions (login required)

View Item View Item