STUDI POPULASILUTUNG (Trachypithecus auratus) DI JALUR DASAN PAOKZONA PEMANFAATAN RESORT KEMBANG KUNING TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Sopiyan Sauri, Huda (2020) STUDI POPULASILUTUNG (Trachypithecus auratus) DI JALUR DASAN PAOKZONA PEMANFAATAN RESORT KEMBANG KUNING TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BURNING PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Lutung (Trachypithecus auratus) merupakan salah satu spesies primata yang tergolong endemik di Indonesia yang persebarannya meliputi hutan hujan tropis di pulau Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatra, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran populasi meliputi jumlah individu dan kelompok, struktur umur, sex rasio, natalitas dan mortalitas Lutung (Trachypithecus auratus). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan November 2019 berlokasi di Jalur Dasan Paok, Zona Pemanfaatan, Resort Kembang Kuning, Taman Nasional Gunung Rinjani. Dalam penentuan kelompok lutung yang dijadikan sebagai sampel penelitian menggunakan metode line transect. Waktu pengamatan aktivitas lutung dimulai dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Data yang telah diamati dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan terdapat 26 individu. Komposisi ukuran lutung (Trachypithecus auratus) tersebut terdiri dari 3 individu anakan, 6 individu remaja dan 17 dewasa. Struktur umur melalui perbandingan anak, remaja, dan dewasa secara keseluruhan adalah 0. 75 : 1.5 : 1.41. Sex ratio dengan perbandingan jantan dan betina secara keseluruhan bernilai 0.13. Natalitas melalui perbandingan jumlah anak secara keseluruhan bernilai 0.2. Mortalitas lutung selama pengamatan adalah 0.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Trachypithecus auratus, Populasi, Struktur Umur, Sex Rasio, Natalitas, Mortalitas.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 14 Jul 2020 01:44
Last Modified: 14 Jul 2020 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16263

Actions (login required)

View Item View Item