KEANEKARAGAMANTERITIP PADA TIGA EKOSISTEM (HUTAN MANGROVE, PADANG LAMUN, DAN TERUMBU KARANG)DI PERAIRAN PESISIR SEKOTONG

I WAYAN DEDI PRASETYA, WIBAWA (2019) KEANEKARAGAMANTERITIP PADA TIGA EKOSISTEM (HUTAN MANGROVE, PADANG LAMUN, DAN TERUMBU KARANG)DI PERAIRAN PESISIR SEKOTONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Dedi fix yo ma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Demi menjaga kelangsungan pembangunan kawasan ekowisata serta infrastruktur yang telah dibangun di kawasan pesisir Sekotong, perlu dipelajari lebih lanjut tentang keanekaragaman jenis teritip yang berpotensi untuk merusak dan menempel pada kerangka bangunan bawah air baik yang terbuat dari kayu, batu, dan genteng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis teritip pada media alami (batu, kayu, dan genteng) yang ditempatkan pada 3 ekosistem yang berbeda (hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang) di pesisir Sekotong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ketiga jenis media tumbuh alami yang diletakkan di tiga jenis ekosistem berbeda terdapat dua jenis teritip yang dapat tumbuh dan berkembang. Kedua jenis teritip ini berasal dari genus Amphibalanus dan Tetralitella. Dari kedua jenis teritip tersebut, Amphibalanus ditemukan disemua media pada tiga ekositem. Adapun Tetraclitella hanya ditemukan di media pada ekosistem lamun dan di media kayu pada ekosistem mangrove serta tidak ditemukan di ekosistem terumbu karang. Amphibalanus merupakan genus yang mendominasi dengan nilai kepadatan tertinggi sebesar 1644,4 individu/m2 pada media genteng di ekosistem lamun. Tetraclitella sp memiliki nilai kepadatan terbesar pada media kayu di ekosistem lamun sebesar 22,22 individu/m2 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keanekaragaman, Amphibalanus, Tetraclitella, Sekotong, teritip, infrastruktur
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Solicha Nur Karina, S.IIP
Date Deposited: 14 Jul 2020 01:45
Last Modified: 14 Jul 2020 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item View Item