ARBIANTI, PUTRI (2020) KESULITAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( STUDI DI SMPN 2 LINGSAR ). S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru PPKn dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa di SMP Negeri 2 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, validitas data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru PPKn meliputi kesulitan berpikir reflektif, kesulitan memberikan penjelasan, kesulitan menarik kesimpulan, dan kesulitan membuat instrumen penilaian. Sementara itu faktor yang mempengaruhi kesulitan guru yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu kompetensi guru meliputi kompetensi profesional dan kompetensi paedagogik. Faktor ekternal yaitu siswa dan masalah dari siswa, kebijakan guru, dan kurikulum. Artinya hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan guru PPKn dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Lingsar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kesulitan Guru PPKn, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 01:46 |
Last Modified: | 13 Aug 2020 01:46 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16271 |
Actions (login required)
View Item |