KESULITAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( STUDI DI SMPN 2 LINGSAR )

ARBIANTI, PUTRI (2020) KESULITAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( STUDI DI SMPN 2 LINGSAR ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru PPKn dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa di SMP Negeri 2 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, validitas data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru PPKn meliputi kesulitan berpikir reflektif, kesulitan memberikan penjelasan, kesulitan menarik kesimpulan, dan kesulitan membuat instrumen penilaian. Sementara itu faktor yang mempengaruhi kesulitan guru yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu kompetensi guru meliputi kompetensi profesional dan kompetensi paedagogik. Faktor ekternal yaitu siswa dan masalah dari siswa, kebijakan guru, dan kurikulum. Artinya hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan guru PPKn dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesulitan Guru PPKn, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:46
Last Modified: 13 Aug 2020 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16271

Actions (login required)

View Item View Item