PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 44 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ISHAKA, EMY ISMIATI (2020) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 44 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model picture and picture berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara yang berjumlah 60 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yang menggunakan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk data hasil belajar IPA siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian prasyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-tes dengan menggunakan polled varian. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel, yaitu sebesar 4,444 > 1,671 pada taraf signifikan 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 30 + 30 – 2 = 58. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model picture and picture berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Picture and picture, Media Puzzle, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Aug 2020 01:46
Last Modified: 13 Aug 2020 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16273

Actions (login required)

View Item View Item