KARAKTERISASI SIFAT FISIK, KIMIA, TERMAL DAN UJI TARIK KOMPOSIT DARI JELAGA HASIL PEMBAKARAN LILIN KOMERSIAL

NIKI, LAZUARDI (2020) KARAKTERISASI SIFAT FISIK, KIMIA, TERMAL DAN UJI TARIK KOMPOSIT DARI JELAGA HASIL PEMBAKARAN LILIN KOMERSIAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Sekripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia, penggunaan lilin sebagai sumber penerangan masih banyak ditemukan terutama pada daerah-daerah yang belum dialiri listrik. Namun, perlu diperhatikan bahwa hasil pembakaran tidak sempurna yang terjadi pada lilin menghasilkan asap hitam atau jelaga Penelitian yang dilakukan adalah untuk mendapatkan karakteristik kimia, fisik thermal dan uji tarik dari jelaga pembakaran lilin, guna mendapatkan dampak jelaga pembakaran lilin terhadap lingkungan dan pengembangan material baru dari nano jelaga pembakaran lilin sebagai bahan alternative material nano sintetis. Dari hasil uji tarik dengan bertambahnya variasi fraksi volume akan menyebabkan penurunan nilai kekuatan tarik komposit berpenguat jelaga pembakaran lilin diproleh nilai kekuatan tarik fraksi volume 10 % sebesar 27,76 N/mm2 merupakan nilai tertinggi, hasil pengujian XRD Peak yang dihasilkan dari sampel hanyalah satu puncak saja. SEM EDX pada perbesaran 5000X di dapat ukuran panjang butiran kurang lebih 9,14 μm, dan lebar sekitar 6,17 μm, sedangkan butiran yang kecil sekitar 0,87 μm Kandungan komposisi unsur kimia karbon (C), oksigen (O), kalium (K) dan kalsium (Ca) dengan persen massa relative unsur C sebesar 70,72 % dengan nilai atom 77.80 %, unsur O sebesar 25,26 dengan nilai atom 20,86 %, unsur K sebesar 1,76 % dengan nilai atom 0,59 dan unsur Ca sebesar 2,26 % dengan nilai atom 0,75 % dan Hasil uji TGA sampel mengalami penurunan berat secara bertahap sehingga penurunan berat total sebesar 17,18 mg dari berat awal 20,5 mg atau sekitar 83,8 % weight loss dari total waktu proses Thermogravic selama 150 menit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Jelaga, Komposit, Uji tarik, Scanning electron microscopy, X-Ray diffraction, Thermogravimetric.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:24
Last Modified: 15 Jul 2020 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16279

Actions (login required)

View Item View Item