KAJIAN PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2019 MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH

DYAH, PRATIWI NINGSIH (2020) KAJIAN PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2019 MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di KPU Kabupaten Lombok Tengah, untuk mengetahui pelaksanaan Pemilihan Umum menurut Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di Kabupaten Lombok Tengah dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Empiris penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pelaksanaan pemilu secara serentak menurut Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di kabupaten Lombok Tengah ada permasalahan dengan data pemilih, dimana proses penyusunan DPT yang sering berubah dan sangat panjang, demikian pula dengan ketersediaan anggaran yang sangat minim sehingga pekerjaan dirasakan kurang maksimal karena tidak didukung oleh anggaran sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Penanganan logistik pemilu belum diimbangi dengan kekuatan dan kemampuan Penyelenggara Pemilu untuk menyelenggarakan pemilu secara serentak. Kendala-kendala yang dihadapi oleh KPU Kabupaten Lombok Tengah, kendalanya terdapat dalam tahapan pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktual kepengurusan, kendalanya terhadap faktor geografis dan kondisi cuaca dimana pada saat verifikasi faktual pada saat musim hujan dan sebaran jumlah sampel anggota yang menyebar pada semua wilayah Kabupaten Lombok Tengah dan beberapa berada pada daerah yang hanya bisa diakses dengan kendaraan roda dua atau jalan kaki, dan sering kali terkendala hujan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pemilihan Umum, Serentak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:25
Last Modified: 15 Jul 2020 03:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16283

Actions (login required)

View Item View Item