PENERAPAN ALGORITMA SEMUT PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV UNTUK OPTIMASI PENCARIAN RUTE DI JARINGAN VANET

NI, DESAK KETUT PUJIKA DEWI (2020) PENERAPAN ALGORITMA SEMUT PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV UNTUK OPTIMASI PENCARIAN RUTE DI JARINGAN VANET. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN PENERAPAN ALGORITMA SEMUT PADA PROTOKOL ROUTING AOMDV UNTUK OPTIMASI PENCARIAN RUTE DI JARINGAN VANET (F1D014066).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

VANET merupakan salah satu turuanan dari jaringan MANET. Pada jaringan VANET lebih spesifik digunakan untuk berkomunikasi antar kendaraan satu dengan yang lainnya. Dengan adanya jaringan VANET diharapkan mampu meningkatkan keamanan pengemudi di jalan raya. Pada penerapan jaringan VANET dibutuhkannnya sebuah protokol routing. Protokol AOMDV merupakan salah satu contoh protokol routing yang dapat membantu kinerja dari jaringan VANET. Tujuan dari penelitian ini di lakukan untuk mengoptimalkan proses pencarian rute pada protokol routing AOMDV. Proses pemilihan rute pada protokol routing AOMDV berdasarkan jumlah hop yang paling sedikit, sehingga rute tersebut kemungkinan cepat terputus. Untuk mengatasi kekurangan dari protokol routing AOMDV dilakukan dengan menerapkan algoritma semut. Keunggulan dari algoritma semut yaitu dalam melakukan pencarian rute dilakukan dengan memperhitungkan jarak antar node, sehingga rute tidak cepat terputus. Pemilihan rute pada algoritma semut berdasarkan feromon yang paling banyak, feromon merupakan jejak kaki semut. Penulis melakukan modifikasi pada beberapa kerangka bagian protokol routing AOMDV yang diberi nama AOMDV-semut. Pada penelitian dilakukan 5 kali percobaan. Parameter uji coba yang digunakan untuk menilai kinerja jaringan pada penelitian ini yaitu throughput, Packet delivery ratio (PDR) dan end to end delay. Dari hasil ujicoba yang telah dilakukan pada protokol routing AOMDV dengan menggunakan algoritma semut mampu meningkatkan kinerja dari parameter ujicoba throughput sebesar 9.7649 Kbps dan kinerja Packet delivery ratio sebesar 11.2838%. Sedangkan untuk parameter average end to end delay mampu menurunkan delay sebesar 13.3093 ms.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: VANET, AOMDV, Algoritma Semut, Protokol Routing, Pencarian Rute
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:26
Last Modified: 15 Jul 2020 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16289

Actions (login required)

View Item View Item