PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KEKALIK PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

PARWATI, FAIZAH (2020) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KIT IPA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KEKALIK PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FAIZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga KIT IPA terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kekalek Pringgarata Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kekalek Pringgarata yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk data hasil belajar IPA siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi uji t-test dengan menggunakan polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung ≥ ttabel, yaitu sebesar 4,818 ≥ 2,007 pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan derajat kebebasan dk = X1 + X2 – 2 = 26 + 27 -2 = 51. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga KIT IPA terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kekalek Pringgarata Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga KIT IPA, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:28
Last Modified: 03 Aug 2020 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16292

Actions (login required)

View Item View Item