PENGARUH MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS 1 KECAMATAN KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Risna, Meilina (2020) PENGARUH MEDIA DIORAMA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS 1 KECAMATAN KEDIRI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISNA MEILINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa d SDN Gugus 1 Kecamatan Kedri Lombok Barat tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Grup Design dengan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebelumnya dilberikan placement tes untuk melihat kesetaraan populasi. Didapat dua sekolah yang setara yaitu SDN 2 Kediri selatan sebagai kelompok kontrol dan SDN 3 Kediri Selatan sebagai kelompok eksperimen. Data yang diperoleh, dianalisis dengan uji t plooped varian dengan tara kepercayaan 95% pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis, diperoleh thitung sebesar 2,350 sedangkan ttabel sebesar 2,021. thitung > ttabe dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok ekspermen, yang dimana hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok kontrol. Selanjutnya menguji pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa dengan uji Effect sized. Berdasarkan perhitungan, diperoleh koefisien effect sized sebesar 0,692 dengan kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media diorama member pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Media Diorama, Hasil Belajar, Tematik Integratif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:28
Last Modified: 15 Jul 2020 03:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item