PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE QUIK ON THE DRAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI MTS MARAQITA’LIMAT LENDANG BELO DESA MAMBEN BARU KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

YUNITA, ANDRIANI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE QUIK ON THE DRAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII DI MTS MARAQITA’LIMAT LENDANG BELO DESA MAMBEN BARU KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Mata pelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki visi dan misi untuk mengembangkan siswa menjadi manusia yang memiliki rasa nasionalisme dan cinta terhadap negara, melalui proses menerima dan mempraktikkan ajaran agama mereka; dan memiliki perilaku yang jujur, disiplin, bertanggung jawab, sopan, penuh perhatian, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru; memahami dan menerapkan pengetahuan faktual dan konseptual tentang kewarganegaraan; dan menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual tentang kewarganegaraan dengan terampil ” Rumusan masalah adalah: Apakah ada pengaruh Quik On The Draw Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di M.Ts. Maraqita'limat Lendang Belo, Desa Mamben Baru, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena data dalam penelitian ini berupa angka dan analisis menggunakan statistik. Menurut Sugiono (2014: 8) "metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian berdasarkan filosofi positivisme, digunakan untuk memeriksa populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data kuantitatif / statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Perkembangan hasil belajar siswa PPKn dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Quik On The Draw hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn lebih besar daripada pengembangan hasil belajar siswa PPKn menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa kelas 25 Expatriation dengan Pre-Test 54,8 dan Post-Test 81 sehingga Skor Gain adalah 26,2%, sedangkan untuk kelas Kontrol 25 siswa dengan Pre-Test 53,6 dan Post-Test 69,8 sehingga Skor Gain adalah 16,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran, Kooperati, Tipe Quick, Hasil belajar, PPKN, MTS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:45
Last Modified: 03 Aug 2020 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item