PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH MELALUI ‘WHATSAPP DAN FACEBOOK’ DI KELAS XI SMA NEGERI 8 MATARAM (KE ARAH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA)

FITRIA, AYUNINGSIH (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERAMAH MELALUI ‘WHATSAPP DAN FACEBOOK’ DI KELAS XI SMA NEGERI 8 MATARAM (KE ARAH PENGEMBANGAN MULTIMEDIA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Fitria Ayuningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan industri menjadi revolusi industri 4.0 menuntut kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan salah satunya adalah bidang pendidikan. Kemajuan teknologi informasi tersebut menjadikan kegiatan belajar mengajar tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas yang berupa kegiatan tatap muka antara siswa dan guru. Dewasa ini, pemanfaatan perkembangan revolusi industri ini dapat dilakukan dengan membuat kelas online yang dapat digunakan untuk bertukar materi pembelajaran anatara siswa dan guru yaitu berupa grup whatsapp dan facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal berikut, yaitu (1) proses pengembangan media pembelajaran teks Ceramah melalui ‘Whatsapp dan Facebook’ di kelas XI SMA Negeri 8 Mataram (ke arah pengembangan multimedia). (2) bentuk pengembangan media pembelajaran teks Ceramah melalui ‘Whatsapp dan Facebook’ di kelas XI SMA Negeri 8 Mataram (ke arah pengembangan multimedia). (3) proses penggunaan media pembelajaran teks Ceramah melalui ‘Whatsapp dan Facebook’ di kelas XI SMA Negeri 8 Mataram (ke arah pengembangan multimedia). (4) kelayakan media pembelajaran teks Ceramah melalui ‘Whatsapp dan Facebook’ di kelas XI SMA Negeri 8 Mataram (ke arah pengembangan multimedia). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji ahli pertama didapatkan rata-rata kelayakan sebesar 4,7 dan uji asli kedua 4,8. Rerata tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berkategori sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, uji satu-satu dan kelompok kecil menunjukkan hasil berturut-turut 3,6 berkategori layak dan 4,2 berkategori sangat layak. Setelah dilakukan 3 uji tersebut, media pembelajara yang dikembangkan diimplementasikan di kelas sampel. Hasil data angket implementasi menunjukkan rerata sebesar 4,5 berkategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil tes kognitif, psikomotorik, dan afektif didapatkan rerata sebesar 88,4, 85,8, dan 84,5. karena nilai rata-rata tersebut lebih besar dari KKM maka dapat dinyatakan bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi teks ceramah seluruh siswa kelas XI MIA 5 SMAN 8 Mataram dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Whatsapp, Facebook, Multimedia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:46
Last Modified: 03 Aug 2020 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item