PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN 2 PENUJAK, KEC. PRAYA BARAT, KAB. LOMBOK TENGAH

LALU, MUHAMMAD KHAIRI ASMUNI (2020) PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SDN 2 PENUJAK, KEC. PRAYA BARAT, KAB. LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada Manajemen kurikulum dan pemebelajaran di Sekolah Dasar Negeri 2 Penujak Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah; (2) Untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada Manajemen peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 2 Penujak, Kecamatan, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah; (3) Untuk mengetahui pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada Manajemen pendidik dan tenaga ependdkan di Sekolah Dasar Negeri 2 Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah mengenai implementasi manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Pelaksanaannya pada pada bulan Desember 2019 sampai dengan bulan Februari 2020. Adapun subyeknya Kepala Sekolah dan informan yang. Bisa dijadikan rujukan yaitu: Guru, Staf Tata Usaha, sebagian Siswa, dan ketua Komite Sekolah. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumen. Model Analisis datanya interaktif dimulai dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah dilaksanakan melalui 4 proses manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan serta sesuai dengan esensi Manajemen Berbasis Sekolah yaitu otonomi, fleksibilitas, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas. Bahwasanya fungsi-fungsi tersebut telah terlaksana dengan baik; (2) Adapun faktor pendukung nya adalah adanya peran serta dari masyarakat, baik orang tua maupun komite dalam kegiatan sekolah, serta guru kelasnya lengkap, aktif, dan hampir semuanya memenuhi kualifikasi akademik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya asumsi bahwa Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan membutuhkan dana, waktu, dan tenaga yang banyak dikarenakan banyak hal yang perlu disiapkan, tetapi dalam pelaksanaannya, Sekolah Dasar Negeri 2 Penujak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah dapat mengatasinya dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pelaksanaan:Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:46
Last Modified: 03 Aug 2020 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16318

Actions (login required)

View Item View Item