EFEKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK PURUT DAN PEMANFAATANNYA PADA PEMBUATAN SABUN TRANSPARAN DARI MINYAK INTI BUAH KETAPANG

DWI, ARIANI (2020) EFEKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI KULIT BUAH JERUK PURUT DAN PEMANFAATANNYA PADA PEMBUATAN SABUN TRANSPARAN DARI MINYAK INTI BUAH KETAPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jeruk purut (Citrus Hystrix DC.) merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Buah dan daun biasanya dijadikan sebagai bumbu penyedap makanan, sedangkan kulit buahnya hanya dijadikan limbah. Kulit buah jeruk purut mengandung minyak atsiri dengan komponen utama yang diduga memiliki aktivitas antibakteri. Potensi yang dimiliki minyak atsiri kulit buah jeruk purut menarik untuk dijadikan sebagai bahan aktif dalam suatu sediaan seperti sabun mandi. Oleh sebab itu, pada penelitian dilakukan kajian pengaruh penambahan konsentrasi minyak atsiri kulit buah jeruk purut sebagai bahan aktif pada sabun. Pembuatan sabun transparan berasal dari minyak inti buah ketapang dengan adanya uji kualitas dan keamanan sabun yang dihasilkan. Hasil penelitian pada uji aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus terhadap semua variasi konsentrasi tergolong dalam klasifikasi zona hambat kuat dan sangat kuat. Sabun transparan yang dihasilkan pada konsentrasi 0%, 0,5%, 1,5%, 2%, 2,5% dan 3% telah diuji kualitasnya sesuai SNI 3532-2016 kecuali nilai total lemak pada konsentrasi 0%, 0,5%, 1%, 1,5% tidak memenuhi standar dan lemak tak tersabunkan pada semua konsentrasi melebihi standar minimal. Uji sifat fisik terhadap aroma dan tampilan sabun mendapatkan kesan baik dari 3 orang panelis serta uji keamanan sabun transparan yang dihasilkan positif tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Minyak Atsiri, Sabun Transparan, Minyak Ketapang, SNI 3532-2016
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:47
Last Modified: 03 Aug 2020 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16320

Actions (login required)

View Item View Item