UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL DAN FRAKSI DAUN GAHARU (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) VARIETAS SOYUN MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil)

FITRA, FAUHAN RAHMASARI FITRA FAUHAN RAHMASARI FITRA FAUHAN RAHMA (2020) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK METANOL DAN FRAKSI DAUN GAHARU (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) VARIETAS SOYUN MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FITRA FAUHAN RAHMASARI G1C015012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Daun gaharu (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) diduga memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi karena mengandung golongan senyawa metabolit sekunder fenol, flavonoid dan tanin yang diketahui bertanggung jawab terhadap aktivitas antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan untuk menghambat reaksi oksidasi dengan cara mengikat radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, hipertensi dan kanker. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bioaktivitas antioksidan dan senyawa-senyawa yang berperan sebagai antioksidan yang terdapat pada ekstrak metanol dan fraksi daun gaharu varietas Soyun. Serbuk daun gaharu dimaserasi dengan menggunakan pelarut metanol selama 3x24 jam. Fraksinasi ekstrak metanol dilakukan dengan metode kromatografi vakum cair (KVC) menggunakan eluen n-heksan : etil asetat yang ditingkatkan kepolarannya. Uji aktivitas antioksidan sampel menggunakan metode DPPH pada panjang gelombang 517 nm. Hasil uji menunjukkan ekstrak metanol dan fraksi F1 memiliki nilai IC50 berturut-turut sebesar 45,869 dan 54,041 ppm. Adapun senyawa yang memiliki peran sebagai antioksidan adalah asam heksadekanoat, asam pentadekanoat, asam oktadekanoat, fenol, fitol, eugenol, α-kariofilen, β-kariofilen, kariofilen oksida, vitamin E (α-tokoferol), p-formilfenol, 4-formilfenol dan 2,6,10-dodekatrien-1-ol,3,7,11- trimetil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Antioksidan, Ekstrak Metanol, Fraksi, Gaharu, DPPH
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:47
Last Modified: 03 Aug 2020 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item View Item