PERANAN SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH TERKAIT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) SEPIHAK BAGI ANGGOTANYA DALAM PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL

LISA, AISYAH (2020) PERANAN SERIKAT PEKERJA/SERIKAT BURUH TERKAIT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) SEPIHAK BAGI ANGGOTANYA DALAM PERSELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari serikat pekerja/serikat buruh terkait PHK sepihak yang dilakukan oleh pengusaha bagi anggotanya dalam perselisihan hubungan industrial. Dengan manfaat untuk dijadikan sebagai masukan bagi para pembaca, pihak akademisi dan pemerintah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa, pada pembahasan pertama diketahui bahwa PHK Sepihak adalah PHK yang tidak sesuai hukum. Pada awal penyelesaian akan dilakukannya perundingan bipartit antara para pihak. Karena sulitnya pengupayaan perundingan bipartit, maka Mediator Disnaker memanggil para pihak untuk pengupayaan penyelesaian Mediasi. Jika para pihak tidak menginginkan penyelsaian Mediasi, Mediator Disnaker menawarkan untuk dilakukannya Konsiliasi atau Arbitrasi. Jika perselisihan dapat diselesaikan maka Mediator membuat Perjanjian Bersama yang mengikat para pihak. Pada pembahasan kedua, peranan dari serikat pekerja/serikat buruh sangat penting dalam membimbing anggotanya menghadapi perselisihan industrial, dari awal hingga akhir serikat pekerja/serikat buruh mengupayakan yang terbaik bagi anggotanya dan bertindak sesuai dengan tujuannya yang sudah tertuang di Undang-Undang No. 21 Tahun 2000, yaitu memberikan perlindungan, pembelaan hak, serta meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Serikat pekerja/serikat buruh, PHK, Hubungan Industrial
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:47
Last Modified: 03 Aug 2020 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16323

Actions (login required)

View Item View Item