Analisa aerodinamika airfoil wortmann fx63-137 modifikasi serrated pada microtabs dengan simulasi autodesk CFD

HASSYAMIR, JABER (2020) Analisa aerodinamika airfoil wortmann fx63-137 modifikasi serrated pada microtabs dengan simulasi autodesk CFD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HASSYAMIR JABER (F1C015026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan terkait dengan masalah-masalah analisis aerodinamis sekarang ini sudah berkembang sangatlah pesat. Hal ini karena kebutuhan untuk menjawab teknologi yang berhubungan dengan masalah-masalah analisis aerodinamis sangatlah beragam salah satunya masalah bagaimana meningkatkan efisiensi tangkapan energi angin pada suatu desain turbin angin. Oleh karena itu analisis aerodinamis sekarang ini sudah menjadi kebutuhan untuk menjawab berbagai masalah- masalah desain dan perancangan peningkatan produk di dunia industri. Salah satu kasus terkait pemanfaatan analisis aerodinamis yaitu pendesainan bentuk airfoil dan pemanfaatannya dalam menganalisis aliran udara melewati suatu airfoil dimana tujuannya untuk mengetahui perilaku aliran udara dalam menghasilkan aerodynamic performance sehingga akan dapat dihasilkan suatu desain yang lebih aerodinamis pada desain blade turbin angin yang menghasilkan gaya angkat yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi lebar gap pada variasi sudut serang terhadap perilaku stall airfoil dan mengetahui pengaruh lebar gap terhadap koefisien lift (CL) dan koefisien drag (CD) pada airfoil dengan microtab dengan kelebaran gap 1% C, 2% C dan 3% C pada upper surface dan lower surface dengan metode simulasi menggunakan software autodesk CFD dimana turbulensi model yang digunakan SST K-omega. Dari hasil simulasi CFD pada airfoil wortmann fx63-137 menunjukan bahwa Penambahan microtab pada airfoil wortmann fx63-137 untuk lower surface menimbulkan efek meningkatkan gaya lift dan koefisien lift baik pada lebar gap 1% C, 2% C dan 3% C, peningkatan terjadi secara konsisten dan terjadi stall pada sudut 24o untuk disemua variasi lebar gap , Pada bagian upper surface penambahan microtab menyebabkan penurunan gaya lift jika dibandingkan dengan lower surface dan stall terjadi pada sudut 22o untuk semua variasi lebar gap. Untuk koefisien drag dimana koefisien drag juga meningkat seiring dengan peningkatan sudut serang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : CFD, Turbin Angin, Airfoils, Microtabs, Gaya Angkat, Gaya Hambat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2020 01:48
Last Modified: 03 Aug 2020 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16330

Actions (login required)

View Item View Item