KALIBRASI SENSOR GAYA DAN DISPLACEMENT UNTUK UJI TARIK BERBASISKAN ARDUINO

FUZIAWAN, KAROMI (2020) KALIBRASI SENSOR GAYA DAN DISPLACEMENT UNTUK UJI TARIK BERBASISKAN ARDUINO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FUZIAWAN KAROMI (F1C115009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Uji tarik merupakan salah satu dari beberapa pengujian yang umum digunakan untuk mengetahui sifat mekanik dari satu material. Dalam bentuk yang sederhan, uji arik dilakukan dengan menjepit kedua kedua ujung spesimen uji tarik pada rangka beban uji tarikPengujian tarik dapat menghasilkan beberapa sifat material dibandingkan dengan jenis pengujian material yang lain.Untuk keperluan praktikum dan penelitian di bidang material, alat uji tarik sangat penting. Tetapi alat uji yang ada di Departemen Teknik Mesin, Universitas Mataram memiliki kapasitas yang sangat besar sehingga idak cocok untuk pengujian bahan seperti plastik dan komposit sehingga penelitian ini berusaha untuk mengkalibrasi alat uji tarik kapasitas kecil untuk keperluan praktikum dan penelitian di bidang bahan polimer dan komposit yang sudah dirancang sebelumnya. Penelitian ini difokuskan pada kalibrasi alat ukur gaya dan displacement. Metode yang dilakukan yaitu dengan tiga kali pengulangan pengambilan data kalibrasi gaya dan displacement, alat-alat yang digunakan untuk pengambilan data adalah timbangan gantung kapasitas 200 kg untuk kalibrasi gaya dan digital dial ndikator untuk kalibrasi displacement. Dari hasil kalibrasi gaya yang dilakukan yaitu waktu yang dibutuhkan untuk mempertahankan alat ukur menunjukkan posisi nol adalah 20 menit setelah itu berpluktuasi walaupun sangat kecil, Konstanta-konstanta yang didapatkan terutama kalibrasi gaya dari 0-200 Kg digunakan untuk keperluan program arduino karena dalam penggunaan mesin uji tarik cendrung terjadi penambahan gaya, floating (pengambangan) terjadi pada alat ukurgaya sebesar 0,7 kg, ingkat ketepatan (pecision) alat ukur gaya adalah 94 %, besarnya histerisis alat ukur beban ini terlihat pada angka kalibrator 172 kg dan besar histerisis yang timbul pada alat ukur ini sebesar 4.399 %.Kesetabilan nol yang sangat stabil pada alat ukur displacement, konstanta kalibrasi ini akan digunakan untuk keperluan program arduino sehingga nantinya keluaran alat ini langsung berupa displacement linier dengan satuan milimeter, floating (pengambangan) terjadi pada alat ukur kalibrasi displacement sebesar 0,05 mm, tingkat ketepatan (pecision) alat ukur kalibrasi displacement 99%, besarnyahisterisis alat ukur beban ini terlihat pada angka kalibrator 9 mm dan besar histerisis yang timbul pada alat ukur ini sebesar 1.592 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kalibrasi gaya, kalibrasi displacement, kesetabilan nol, floating, ketepatan, histerisis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2020 08:40
Last Modified: 27 Jul 2020 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/16331

Actions (login required)

View Item View Item